Sinopsis Singkat Film Devdas (2002)


Sukanya Verma dalam ulasannya menuliskan bahwa cinta Devdas sangat mengharukan dan spektakuler. Jelas film ini adalah sebuah mahakarya seni dan hati. Kritikus film Subhash K Jha memberikan rating 3,5 dari 5 bintang buat film ini dan berkomentar bahwa film ini kaya akan detail visualnya. Juga ia memuji kostum yang dikenakan oleh para pemainnya yang tidak hanya terlihat mewah dan berkelas, tapi sepertinya dipintal dari benang yang paling indah.

Sinopsis Singkat Film Devdas (2002)

Filmnya berlatar awal tahun 1900an, Kaushalya (Smita Jaykar) mendengar putra bungsunya, Devdas (Shah Rukh Khan), akan balik ke rumah setelah pergi selama 10 tahun sekolah hukum di Inggris. Kaushalya memberitahu tetangganya Sumitra (Kirron Kher), yang sangat gembira.

Putri Sumitra, Parvati "Paro" Chakraborty (Aishwarya Rai) dan Devdas memiliki ikatan persabatan kuat yang berakar sejak masa kecil. Saat Devdas pergi ke Inggris, Paro telah menyalakan lampu minyak untuk memintanya cepat kembali dan tidak pernah membiarkan lampunya padam sebelum dia kembali.

Ketika Devdas kembali, ikatan persahabatan masa kecil antara mereka telah berubah menjadi ikatan cinta. Semua orang percaya bahwa Devdas dan Paro akan segera menikah, tetapi saudara ipar perempuan Devdas, Kumud (Ananya Khare) mengingatkan Kaushalya tentang garis keturunan ibu dari gadis-gadis nautch dan pemain nautanki, yang tidak pantas untuk keluarga Mukherjee.

Sumitra secara terbuka mengumumkan keinginannya untuk Devdas dan Paro akan segera menikah, tapi Kaushalya menolak dan menghinanya di depan khalayak dengan mengatakan bahwa Paro tidak cukup pantas buat Devdas dikarenakan Paro berasal dari kelas bawah. Merasa hancur, Sumitra buru-buru mengatur pernikahan Paro dengan seorang pria dari keluarga yang lebih kaya daripada Mukherjee, Thakur Bhuvan Chaudhry (Vijayendra Ghatge), seorang duda berusia empat puluh tahun dengan tiga anak yang tumbuh dewasa.

Ketika ayah Devdas juga menolak Paro, Devdas meninggalkan rumah orang tuanya dan mencari kenyamanan di rumah bordil. Dia meninggalkan surat untuk Paro, dengan salah menyatakan bahwa cinta tidak pernah ada di antara mereka. Di rumah bordil, dia bertemu dengan seorang tawaif (pelacur) yang baik hati bernama Chandramukhi (Madhuri Dixit), yang jatuh cinta padanya.

Segera, Devdas menyadari kesalahannya telah meninggalkan Paro. Dia kembali selama acara pernikahan Paro dan memintanya kawin lari tetapi Paro menolak, dan mengingatkannya tentang cara Devdas yang membuangnya dengan begitu mudah. Pun Devdas berjanji untuk melihat Paro lagi sebelum dia meninggal.

Paro diberi tahu oleh suami barunya bahwa dia menikahi Paro hanya untuk menjadi ibu bagi anak-anaknya dan nyonya rumah, tetapi bahwa cintanya hanya untuk istri pertamanya selamanya. Paro dengan patuh memenuhi tanggung jawabnya, sementara Devdas, patah hati karena kehilangan Paro, secara permanen pindah ke rumah bordil Chandramukhi dan menjadi seorang pecandu alkohol.

Ketika ayah Devdas berada di ranjang kematiannya, dalam permintaan terakhirnya untuk dapat melihat putranya Devdas, Devdas datang kemudian, di pemakaman ayahnya - Devdas bikin malu dan dalam kondisi mabuk. Dimana dia memicu keributan dan akhirnya pingsan.

Akhirnya, Devdas menderita sakit parah banget sehingga dosis terkecil alkohol saja akan dapat membunuhnya. Dia kembali ke rumah keluarganya untuk mendapatkan perawatan dan menyembuhkannya, dan mengetahui bahwa saudara iparnya telah mencuri kunci ibunya untuk menyelamatkan keluarga. Dia berkronfontasi dengan kakak iparnya, tetapi Kumud melaporkan kepada ibunya bahwa Devdas yang telah mencuri kuncinya.

Ibunya percaya kepada kakak iparnya dan Devdas minggat, dibuang. Paro tiba di rumah bordil Chandramukhi, menuduhnya yang membuat Devdas jadi peminum, tetapi dengan cepat Paro menyadari bahwa Chandramukhi mencintai Devdas. Paro mendesak Devdas berhenti minum, tetapi Devdas tetap keras kepala. Dia berjanji kepada Paro bahwa sebelum dia meninggal, dia akan datang ke gerbang pintu rumah mewahnya untuk terakhir kalinya.

Paro mengundang Chandramukhi ke perayaan Durga Puja di rumah suaminya dan memperkenalkannya kepada mertuanya tanpa mengungkapkan profesi Chandramukhi. Namun, putra mertua Bhuvan yang jahat, Kalibabu (Milind Gunaji), yang sering berkunjung ke rumah bordil, mengungkapkan latar belakang Chandramukhi dan mempermalukannya di depan para tamu.

Dia juga menceritakan kepada Bhuvan hubungan Paro dengan Devdas. Akibatnya, Bhuvan secara keras melarang Paro meninggalkan rumah. Devdas mengatakan pada Chandramukhi bahwa dia harus membiarkannya pergi, dan memutuskan untuk melakukan perjalanan menjelajahi negeri, di kereta api, dia bertemu dengan teman kuliahnya dahulu, Chunnibabu (Jackie Shroff), yang mendorongnya minum lagi atas nama persahabatan. Pun Devdas, tahu benar minuman akan berakibat fatal untuknya.

Di ambang kematian, Devdas melakukan perjalanan ke rumah Paro untuk menepati janjinya, ambruk di bawah pohon di depan gerbang utama rumah Paro. Melihatnya, Paro berlari kecil dari rumah mewahnya,  berusaha menemuinya dan menolongnya. Bhuvan melihatnya dan memerintahkan para pelayannya untuk segera menutup gerbang.

Devdas melihat bayangan buram Paro yang berlari ke arahnya, tetapi gerbangnya ditutup tepat sebelum Paro dapat mencapainya, meninggalkan Paro menangis sejadi-jadinya di dalam. Pun Devdas membisikkan nama Paro dengan nafas terakhirnya saat dia perlahan-lahan mati, dan segera lampu minyak Paro pun padam.

Trailer Film Devdas (2002)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()