Sinopsis Singkat Film Dil Hai Tumhaara (2002)


Faktanya, pada tahun 1991 sutradara Rajkumar Santoshi telah bekerja sama dengan Sunny Deol, Dimple Kapadia, Meenakshi Seshadri dan Salman Khan untuk membuat film ini. Shekar Kapur juga telah menanda tangani kontrak yang akan memainkan peran penting di film ini. Bahkan telah resmi diumumkan filmnya bakalan dirilis pada bulan Oktober 1991, akan tetapi tanpa penjelasan apa-apa film ini tidak jadi dibuat.

Dil Hai Tumhaara akhirnya dirilis pada tahun 2002, dengan sutradara dan pemain yang berbeda. Film drama komedi romantis ini disutradarai oleh Kundan Shah, lalu dibintangi oleh Rekha, Preity Zinta, Arjun Rampal dan Mahima Chaudhry. Para kritikus ramai-ramai memuji penampilan Preity sebagai Shalu di film ini, sehingga tak heran dia masuk dalam nominasi penghargaan bergengsi bollywood kategori Aktris Terbaik.

Sinopsis Singkat Film Dil Hai Tumhaara (2002)

Shalu (Preity Zinta) adalah seorang adik, wanita muda yang menyenangka dan penuh kasih yang tinggal bersama ibunya, Sarita (Rekha), dan kakak perempuannya, Nimmi (Mahima Chaudhry). Shalu dan Nimmi, satu sama lain tidak tahu kalau mereka sebenarnya saudara tiri. Dimana Shalu adalah putri dari suami Sarita, Shekar dengan wanita selingkuhannya. Keduanya, mengalami kecelakaan mobil, sehingga menyebabkan luka yang parah disekujur tubuh Shekar hingga akhirnya nyawanya melayang, tapi di saat terakhir hidupnya dia memohon kepada Sarita untuk mau membesarkan Shalu, sementara itu wanita selingkuhannya tewas seketika dalam kecelakaan tersebut.

Meskipun Sarita bersedia mengadopsi Shalu, akan tetapi dia tidak pernah bisa melupakan fakta pahit tentang Shalu yang tersembunyi. Dengan demikian dia tidak mencurahkan cintanya sedikitpun buat Shalu, seperti yang dia tunjukkan kepada putri kandungnya, Nimmi. Shalu, di sisi lain, tulus mencintai Sarita, yang mengira Sarita adalah ibu kandungnya. Shalu berusaha terus mendapatkan kasih sayang ibunya tetapi tidak sekalipun mendapatkannya. Lantas Shalu yang mulanya selalu menjadi putri yang baik dan penurut berubah menjadi putri yang suka memberontak. Berbeda dengan Ibu mereka, kakaknya, Nimmi sangat mencintai Shalu dan selalu mendukungnya, tapi menolak berfikir buruk tentang Ibunya dan keberpihakannya.

Akhirnya seorang pemuda tampan bernama Dev Khanna (Arjun Rampal) memasuki kehidupan kedua saudara cantik ini. Dev dan Shalu awalnya tidak pernah akur tetapi perlahan saling jatuh cinta. Namun, di sisi lain Nimmi percaya bahwa Dev sebenarnya jatuh cinta padanya, bukannya kepada Shalu. Sarita, hanya menanggapi cerita dari Nimmi, lantas mengajukan lamara pernikahan kepada Ayahnya Dev, Mr. Khanna (Alok Nath) atas nama Nimmi. Tuan Khanna tercengang, lantaran dia sudah tahu tentang hubungan antara Dev dan Shalu. Saat Sarita melihat Dev dan Shalu bersikap penuh kasih sayang, ia menarik kesimpulan bahwa Shalu yang telah mencuri Dev dari Nimmi - sama seperti ibunya Shalu mencuri Shekar darinya. Sarita memarahi Shalu dan mengupkapkan garis keturunan Shalu yang sebenarnya di depan Nimmi.

Syok tentang asal usulnya, Shalu memutuskan untuk mengorbankan Dev yang akan membuat ibu dan kakaknya senang. Ketika Dev secara langsung tahu tentang hal ini dari Shalu, dia awalnya bingung dan kecewa, tetapi akhirnya setuju untuk menikahi Nimmi untuk membuat Shalu bahagia. Tapi Nimmi melihat ada sesuatu yang disembunyikan oleh Shalu, namun Shalu cepat mengalihkannya dengan mengatakan bahwa dia telah jatuh cinta pada Samir (Jimmy Shergill), teman masa kecilnya yang telah mencintainya selama bertahun-tahun.

Pada hari pertunangan, rival politik Sarita mencoba menggunakan status Shalu - anak haram - untuk mengancam pernikahan Nimmi dengan Dev, yang berasal dari keluarga terpandang. Shalu menggenggam masalahnya di tangannya, bergegas ke rumah Dev dimana dia mengemukakan secara terbuka kepada seluruh keluarga Dev bahwa dia merupakan anak yang lahir di luar nikah, dan dengan alasan bukti kebaikan dan kemurahan hati Sarita, kemudian Ibunya berbesar hati mengadopsinya ke dalam keluarganya. Akan menjadi tidak adil jika pernikahan itu dibatalkan semata-mata karena dia. Menyaksikannya, Tuan Khanna terkesan dengan keberanian dan berjanji kepada Shalu bahwa tidak ada yang akan menghentikan pernikahannya.

Sarita secara diam-diam menyaksikan pengakuan Shalu dan sangat tersentuh. Dia malu bagaimana dia telah memperlakukan Shalu sedemikian buruk selama ini, yang lantas Sarita memeluk Shalu dengan sangat erat dan penuh kasih sayang, juga mengatakan kepadanya bahwa dia akan meminta Nimmi menjauh dari hubungan jika Shalu dan Dev benar-benar saling jatuh cinta. Namun Shalu takkan melakukan hal itu, dengan mengatakan bahwa kini dia telah memiliki cinta dan karena Ibunya telah menerimanya apa adanya, sehingga dia tidak menginginkan yang lain dari itu.

Nimmi sangat senang bahwa ibunya telah menerima Shalu dengan kasih sayang, tetapi dia masih merasa ada sesuatu yang disembunyikan oleh saudara perempuannya itu. Segera dia tahu apa yang telah disembunyikan oleh Shalu dari Samir, dan dengan senang hati dia menyingkir dan mempersilahkan Shalu dan Dev untuk bersatu selamnya.

Trailer Film Dil Hai Tumhaara (2002)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()