Sinopsis Singkat Film Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)


Reaksi kritikus terhadap Kabhi Khuhsi Kabhie Gham terpolarisasi (terbagi 2 kelompok). Satu kelompok memuji kekayaan visual dan penampilan para pemainnya. Kelompok lainnya mengulas film ini secara negatif terutama menyoroti durasinya yang terlalu panjang dan ketidak konsistenan naskahnya.

Fuad Omar dalam bukunya berjudul Bollywood : Insider's Guide, menghujani film ini dengan pujian, sebagaimana dia berkata bahwa film ini adalah sebuah mahakarya mulai dari adegan pertama sampai akhir (ending). Tidak diragukan lagi, ini sangat memikat, menghibur dan emosional, pun jelas ini definisi yang sempurna dari Sinema Bollywood yang pernah dia tonton.

Sinopsis Singkat Film Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Yashvardhan Raichand (Amitabh Bachchan) adalah konglomerat yang tinggal di Delhi bersama istrinya, Nandini Raichand (Jaya Bachchan), lama tak jua dikarunia keturunan, maka mereka mengadopsi seorang bayi laki-laki dan menamainya Rahul Y. Raichand (Shahrukh Khan). Semua kerabat tahu tentang hal itu, kecuali Rohan Y. Raichand (Hrithik Roshan), adik tiri dari Rahul, atau anak kandung Raichand yang usianya cukup jauh dengannya. Dalam keluarga Raichand tradisi sangat dijunjung tinggi dan masih sangat patriarki (sosok Ayah memiliki dominasi terhadap keluarga dan harta kekayaan).

Suatu hari keluarga Raichand ingin mengadakan pesta, lantas Rahul dan Rohan disuruh ke rumah pengasuh mereka Sayeeda (Farida Jalal). Saat itu Rahul bertemu dengan Anjali Sharma (Kajol) yang menurutnya sangat lucu. Anjali sempat mengira Rahul adalah calon pengantin saudaranya. Begitu tahu Rahul adalah anak Yash, Anjali pun malu. Sama seperti sang kakak, Rohan juga bertemu dengan Pooja (Kareena Kapoor), adik Anjali. Yang mana Rohan sempat dikerjai oleh Pooja dan teman-temannya.

Rahul semakin menyukai Anjali saat mereka bertemu lagi di rumahnya dalam sebuah pesta dimana Rahul diumumkan akan segera menikah dengan Naina (Rani Mukherji), anak dari teman Yash. Ayahnya telah lama menjodohkan Rahul dengan Naina. Pula ini adalah tradisi keluarga, seorang Ayah bertanggung jawab mencarikan dan memilihkan jodoh terbaik buat anak-anaknya.

Namun, Rahul yang telah jatuh hati kepada Anjali, kurang setuju dengan perjodohan ini. Bahkan Rahul sudah merasa sangat senang lantaran Anjali juga mencintainya. Namun cinta mereka terlarang, karena Anjali berasal dari keluarga miskin yang tidak setara dengan keluarga mereka.

Belakangan Yash tahu hubungan Rahul dengan Anjali dan dia sangat marah. Lalu Rahul bersimpuh di hadapannya dan berjanji tidak akan menikahi Anjali. Namun di sisi lain, Naina malah mendorong Rahul untuk mengejar cintanya. Rahul yang segera ingin menemui Anjali menceritakan tentang janjinya pada Ayahnya, mendapati Anjali dirundung kesedihan mendalam atas kematian Ayahnya.

Tak tega dan ikut sedih melihat pujaan hati sedih, akhirnya Rahul nekat menikahi Anjali meski dia tahu Ayahnya akan marah besar. Saat Rahul dan Anjali datang ke rumah untuk meminta restu. Yash sangat marah, mengusir Rahul dari rumahnya dan bahkan tidak menganggapnya sebagai anak lagi.

Sementara Ibunya sangat terpukul yang akan berpisah jauh dengan Rahul. Meski Rahul bukanlah anak kandungnya, tetapi dia sangat sayang kepadanya. Tak tega meninggalkan Rahul yang akan berjuang sendirian di luar sana, Ibunya meminta pengasuh mereka, Sayeeda (Farida Jalal) ikut bersama mereka, sehingga Rahul tidak akan pernah kehilangan cinta seorang Ibu. Sebelum pergi jauh, pun Rahul masih menyempatkan mengunjungi adiknya, Rohan di sekolah asramanya.

Sepuluh tahun kemudian, Rohan kembali ke rumahnya setelah menyelesaikan studinya dari sekolah asrama. Dan secara tidak sengaja mendengarkan percakapan neneknya mengenai adopsi Rahul dan alasan kenapa Rahul pergi dari rumah. Lalu Rohan berjanji akan menyatukan kembali keluarga mereka. Setelah bersusah payah mencari tahu kemana Rahul pergi, yang ternyata ke London, lantas Rohan mengatakan kepada Ayahnya bahwa dia akan melanjutkan studinya ke London. Awalnya Ayahnya skeptis tentang hal itu, tapi setelah Rohan berdalih bahwa ini adalah tradisi keluarga, maka Ayahnya akhirnya menyetujuinya.

Sesampai di London, Rohan mencari alamat keluarga Rahul dan menemukannya, pula dia sengaja mendaftarkan diri di kampus yang sama dengan Pooja. Dalam keluarga bahagia Rahul dan Anjali, telah dikarunia seorang putra berusia 8 tahun yang tampan bernama Krish. Juga masih ada Pooja yang ikut dan tinggal bersama mereka. Akan tetapi Pooja dewasa, bukanlah Pooja sewaktu kecil dahulu, Pooja yang sekarang kerap berpakaian seksi, bahkan saat pergi ke kampus.

Rohan bertemu dengan Pooja di kampus dan mengatakan rencananya untuk membawa pulang ke rumah Rahul dan kakak iparnya, Pooja pun menyambut baik niat tulusnya. Kompak merahasiakan identitas Rohan, Pooja membantu Rohan untuk bisa tinggal serumah dengan mereka. Rahul awalnya tidak setuju Rohan akan tinggal bersama mereka, tapi setelah dengan segala cara Pooja membujuknya akhirnya Rahul membolehkannya - dimana ketika Rohan mengenalkan dirinya kepada Rahul mengaku bernama Yash .

Beberapa hari kemudian, tepatnya sebelum Rohan dan keluarga Rahul akan menghadiri sebuah acara di sekolah Krish, akhirnya Sayeeda dan Anjali mengetahui siapa sebenarnya Yash. Dan setelah acara, Krish ditanya tentang kiatnya untuk bisa percaya diri, Krish lalu mengucapkan kalimat motivasinya. Mendengarnya, Rahul tahu banget itu adalah kalimatnya yang pernah dia utarakan kepada Rohan sepuluh tahun yang lalu.

Setelah identitas Yash terbongkar, Rahul merangkul dengan penuh kerinduan adik tersayangnya, Rohan. Lantas Rohan mengutarakan keinginannya untuk membawa pulang Rahul kembali ke rumah. Dengan segala bujuk rayu yang telah dilakukan Rohan, Rahul tetap bersikukuh tidak akan pernah menginjakkan kaki ke rumah itu lagi. Tak habis ide, Rohan dan Pooja meminta kedua orang tua mereka mengunjunginya di London.

Setibanya di London, tanpa diketahui Yash dan Nandini, mereka sebenarnya berada di satu mall dengan Rahul dan Anjali. Dimana mereka akhirnya saling bertemu, tapi Yash ternyata sangat murka. Tak berselang lama, Ibunya Yash telah meninggal dunia dan wasiat terakhirnya agar yang membakar mayatnya adalah Yash, Rahul dan Rohan.

Seluruh anggota keluarga telah hadir di acara pemakaman tersebut kecuali Rahul beserta keluarganya. Sesaat sebelum akan membakar mayatnya, Rahul tiba tepat pada waktunya dan wasiatnya terlaksana dengan baik. Sebelum Rahul dan keluarganya akan pulang lagi ke London, Nandini  mengatakan kepada Yash bahwa dia telah salah yang tidak mengakui Rahul lagi sebagai anak. Rohan dan Pooja pun meyakikan Rahul dan Anjali untuk berbicara kepada Ayah mereka.

Akhirnya Rahul dan Anjali mendatangi dan meminta maaf pada Yash, pun Yash ternyata sangat merasa sedih dan sebenarnya telah lama memaafkan mereka. Namun Yash masih memegang tradisi bahwa seorang Ayah tidak patut meminta maaf lebih dulu kepada anak. Kisahnya pun berakhir dengan bahagia, dimana Rohan dan Pooja menikah, bukan itu saja, keluarga mereka juga mengadakan perayaan pernikahan Rahul dan Anjali yang sudah terlambat.


Trailer Film Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()