Sinopsis Singkat Film Kal Ho Naa Ho (2003)


Kal Ho Naa Ho sejatinya hanya melanjutkan tren yang telah ditetapkan oleh film Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), dimana nilai-nilai keluarga India selalu dijunjung tinggi, terlepas di negara mana mereka tinggal. Dalam catatan seorang analis sosial dan budaya, Gayatri Gopinath, mengatakan karakter Aman Mathur (Shahrukh Khan) dalam film ini sangat jelas digambarkan bangga sekali dengan identitasnya sebagai orang India, yang lantas dia tularkan kepada keluarga Naina Chaterine Kapur (Preity Zinta).

Meski satu sisi karakter Aman sangat disukai, tetapi di sisi lain para kritikus mencatat bahwa karakter Aman meyerupai karakter aktor Rajesh Khanna sebagai Anand Saigal dalam film Anand (1971) karya Hrishikesh Mukherjee. Dalam kedua film, karakter utama prianya menderita sakit parah dan menjalani kehidupan dengan sepenuhnya. Juga adegan kematian Aman dalam film ini tak luput disorot oleh kritikus yang membandingkannya dengan Tom Hanks dalam filmnya, Philadelphia (1993)

Sinopsis Singkat Film Kal Ho Naa Ho (2003) 

Naina Catherine Kapur (Preity Zinta) adalah gadis pesimis, kaku dan sedang mengambil gelar MBA yang tinggal di New York City bersama ibunya yang sudah janda, Jennifer Kapur, adik kandungnya Shiv dan adik angkatnya, Gia. Jennifer menjalankan restoran yang tidak pernah berhasil dengan tetangganya, Jaswinder "Jazz" Kapoor. Ibu mertua Jennifer, Lajjo, selalu dingin terhadap Jennifer dan Gia, dia percaya bahwa mengadopsi Gia lah yang membuat putranya (suami Jennifer) bunuh diri.

Naina memiliki dua sahabat, teman sekelasnya, Rohit Patel (Saif Ali Khan), dan Jaspreet "Sweetu" Kapoor, saudara perempuan Jazz. Hidup Naina sebenarnya suram dan dibayangi oleh kehilangan ayahnya, sampai suatu hari Aman Mathur (Shahrukh Khan) dan keluarganya pindah ke rumah sebelah mereka.

Keceriaan Aman secara bertahap menghiasi keluarga Naina. Pun dia perlahan-lahan mulai memecahkan masalah mereka, termasuk mengubah restoran mereka menjadi bergaya khas India, dan berhasil sehingga mengurangi beban keuangan mereka. Lalu Aman juga mendorong Naina untuk bahagia dan menjalani hidup ini sepenuhnya, dan dia jatuh cinta padanya.

Di sisi lain, Rohit juga telah lama jatuh cinta pada Naina, dan meminta bantuan Aman dalam mengekspresikan perasaannya. Suatu ketika, Naina mengatakan pada Rohit bahwa ada sesuatu yang harus dia katakan kepadanya, hal itu membuat Rohit salah mengartikannya, bahwa Naina akan membalas perasaannya.

Malah Naina rupanya mengungkapkan bahwa dia telah jatuh cinta pada Aman. Terguncang, Rohit menelpon Aman dan menceritakan apa yang terjadi. Naina pergi ke rumah Aman dan terkejut melihat foto pernikahan Aman dan istrinya, Priya. Patah hati, Naina pergi.

Ibu Aman memintanya harus menghadapi apa yang telah terjadi saat itu. Lantas Aman mengatakan bahwa dia juga sebenarnya mencintai Naina, tetapi telah memutuskan untuk menyembunyikan perasaannya karena dia adalah pasien jantung yang sakit parah. Padahal sebenarnya Aman belum menikah, dan Priya adalah teman masa kecilnya dan seorang dokter.

Aman bersumpah untuk menyatukan Naina dan Rohit, karena ia percaya bahwa Rohit akan lebih punya banyak waktu untuknya. Dia berencana dan melakukan tindakan mengubah ikatan Naina dan Rohit, dari sahabat menjadi kekasih.

Naina belakangan tahu rencananya, dan memaki Aman karena mencoba merusak persahabatannya dengan Rohit. Di stasiun, Aman mengeluarkan buku diary Rohit dan mengakui perasaannya pada Naina, tapi mengatakan bahwa itu isi diary milik Rohit. Mendengar ketulusan hatinya, lantas Naina memaafkan Aman dan Rohit.

Rohit melamar Naina, dan dia menerimanya. Lajjo dan Jennifer berdebat lagi tentang Gia, segera Gia meminta bantuan Aman. Terlepas dari keberatan Jennifer, Aman memberi tahu Lajjo bahwa putranya telah berselingkuh dan menjadi ayah biologis Gia. Tapi ibu biologis Gia menolak menerimanya, lantas Jennifer berbesar hati mengadopsinya. Karena tidak mampu menghadapi rasa bersalah, suami Jennifer bunuh diri. Mendengarnya, akhirnya Lajjo menyadari kesalahannya selama ini, dan berdamai dengan Jennifer dan Gia.

Selama pertunangan Naina dan Rohit, Aman mengalami serangan jantung dan tidak diketahui oleh siapa pun selain ibunya, ia dirawat di rumah sakit. Naina bertemu Priya, yang dia tahu sebagai istri Aman, saat dia berbelanja dengan Rohit. Setelah Priya memperkenalkan dirinya dan suaminya, Abhay, yang akhirnya mengungkapkan kebenaran tentang Aman.

Terkejut, Naina menyadari bahwa Aman telah mengorbankan cintanya untuknya dan meninggalkan mal dalam hiruk-pikuk emosional. Priya memberitahu Aman tentang apa yang terjadi. Aman segera meninggalkan rumah sakit dan bertemu dengan Rohit yang sedang frustrasi, dan bertanya mengapa dia dan bukan Aman yang harus menikahi Naina.

Aman mendesak Rohit untuk menikahi Naina sebagai tanda menghormati keinginan terakhirnya untuk melihat Naina bahagia. Aman bertemu Naina, dan mereka berpelukan lama sesaat setelah Aman mengatakan bahwa dia sebenarnya tidak mencintain Naina. Pernikahan Rohit dan Naina digelar, dimana Aman ikut berpartisipasi.

Beberapa waktu setelah pernikahan, Aman berada di atas ranjang terkulai lemah menunggu kematiannya dan mengucapkan selamat tinggal pada semua orang. Lalu Aman ditinggal sendirian bersama Rohit, setelah Naina meninggalkan kamar sambil menangis tersedu-sedu. Aman membuat Rohit berjanji bahwa, meskipun Naina adalah miliknya di masa hidup ini, tetapi akan menjadi milik Aman kelak di akhirat.

Dua puluh tahun kemudian, Naina memberitahu Gia yang sudah dewasa bahwa Aman telah mempengaruhi setiap aspek kehidupan mereka. Dan dalam kehangatan sebuah keluarga, mereka mengatakan untuk saling mencintai.

Trailer Film Kal Ho Naa Ho (2003)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()