Sinopsis Singkat Film Koi Mil Gaya (2003)


Selain Koi Mil Gaya menjadi film terlaris tahun 2003 di pasar domestik atau India, juga terbaik dengan bukti berhasil menyabet penghargaan Film Terbaik dari National Film Award tentang masalah sosial lainnya. Bukan itu saja, aktor Hrithik Roshan memborong semua trofi kategori Aktor Terbaik dari ajang penghargaan bergengsi di bollywood, antara lain : Filmfare Awards, IIFA dan Screen Awards.

Sinopsis Singkat Film Koi Mil Gaya (2003)

Ilmuwan Sanjay Mehra (Rakesh Roshan) menciptakan sebuah program komputer yang dapat mengirimkan variasi suku kata ke angkasa, dengan harapan dapat menarik perhatian kehidupan di luar bumi. Lalu dia mempresentasikan idenya, namun komunitas ilmiah mengejeknya. Saat mengemudi pulang, pesawat luar angkasa alien muncul di atas mereka. Sanjay yang menyetir kaget dan seketika mobilnya menabrak batu, terbalik dan meledak.

Sanjay meninggal, sementara istrinya, Sonia (Rekha) yang dalam keadaan mengandung selamat dari kecelakaan tersebut dan pulang ke India. Putra pertama mereka, Rohit Mehra (Hrithik Roshan) lahir, tapi dia cacat mental karena cedera akibat kecelakaan tersebut. Sonia mendengarkan nasehat seorang dokter bahwa meskipun operasi adalah satu-satunya solusi untuk cacat Rohit, tapi itu berpotensi mengakibatkan kelumpuhan atau bahkan kematian.

Sonia membesarkan Rohit di kota Kasauli, dimana dia tumbuh menjadi seorang pria dengan kecerdasan terbatas dan kepribadian kekanak-kanakan, tetapi dengan hati yang penuh cinta dan emosional. Rohit memiliki sejumlah teman yang jauh lebih muda - anak-anak yang setia bermain dengannya.

Nisha (Preity Zinta), seorang wanita muda datang ke Kasauli dan awalnya sangat kesal melihat Rohit karena leluconnya yang kekanak-kanakan terhadapnya. Hal itu menyebabkan tunangannya, Raj (Rajat Bedi), dan teman-temannya mengerjai Rohit, bahkan merusak skuternya.

Mengetahui bahwa ternyata Rohit menderita cacat mental dari Ibunya Rohit, Nisha berbalik bersimpati melihat Rohit. Bahkan Rohit dan Nisha kemudian berteman baik. Mereka tanpa sengaja menemukan komputer lama Ayahnya yang berdebu dan asyik memencet tombol yang gunanya memanggil alien.

Malamnya, UFO melayang di langit, segerombolan Alien turun ke bumi dan terburu-buru naik lagi, dan meninggalkan satu alien. Rohit, Nisha dan teman-temannya bertemu dan berteman dengan alien yang tertinggal dan menamainya Jadoo (Sihir), setelah mereka melihat kemampuan unik Jadoo.

Di sisi lain Raj sebenarnya tidak menyukai persahabatan Nisha dengan Rohit dan menyebarkan rumor palsu bahwa dia dan Nisha akan segera menikah. Hal itu ternyata bikin Nisha amat kesal terhadap Raj. Rohit yang mendengar kabar tersebut hatinya terluka karena selama ini ia telah menganggap Nisha adalah pacarnya.

Jadoo tahu bahwa Rohit secara mental tidak normal dan dengan kekuatannya menormalkan Rohit. Esok paginya, Rohit terkejut merasa lebih nyaman tanpa memakai kaca mata karena terlihat dengan jelas. Juga, di sekolah dia mampu memecahkan masalah matematika kelas 10, sehingga guru matematika dan kepala sekolahnya terkejut.

Karena Jadoo, Rohit juga menjadi pandai menari dan olahraga, apalagi fisiknya semakin kuat dan juga sangat lincah. Sekali waktu Raj dan teman-temannya mencoba untuk mempermalukan Rohit dan teman-teman kecilnya dengan menantang mereka bertanding basket, Rohit dengan kekuatan barunya mampu mencetak banyak angka.

Raj dan gengnya mulai putus asa dan bermain kotor, yang menyebabkan permainan di bawah kontrol mereka. Tapi saat matahari mulai terik, Jadoo mendapatkan kekuatannya lagi, lalu membantu Rohit dan teman-temannya dengan hasil mereka memenangkan pertandingan tersebut.

Setelahnya, Nisha dan Rohit menghabiskan lebih banyak waktu bersama, dan Nisha mulai melihat Rohit memiliki sikap romantis. Lalu Rohit dengan berani menyatakan cintanya yang mana Nisha menerimanya.

Keberadaan Jadoo sangat dirahasiakan dari semua orang. Namun Polisi akhirnya mengetahuinya juga, Inspektur Sukhwani, (Johnny Lever) melihat Jadoo di sebuah tas dan memberi tahu polisi lain. Polisi bergegas mengambil tasnya, tapi Rohit tiba lebih awal menyelamatkan Jadoo. Namun dia dihalangi oleh Raj dan teman-temannya. Rohit, yang dalam keadaan emosi, dengan mudah membanting Raj dan teman-temannya, tetapi celakanya polisi menangkapnya dan segera membuka tasnya yang ternyata Jadoo tidak ada.

Namun, polisi mencurigai Rohit telah menyembunyikan Jadoo di rumahnya. Lantas mereka mengepung rumah Rohit dan berhasil mengambil Jaado. Saat Rohit sadar setelah sebelumnya pingsan akibat pukulan, Rohit lari mengejar mobil polisi dan tiba tepat pada waktunya menyelamatkan Jadoo yang akan dibawa ke Amerika dengan pesawat terbang.

Sebelumnya, Rohit telah memanggil kembali pesawat ruang angkasa, yang dia panggil melalui komputer ayahnya. Setibanya, Rohit mengucapkan selamat tinggal pada Jadoo. Sesaat Jadoo telah pergi, Rohit kehilangan kembali kekuatan fisik, mentalnya dan kembali pada dirinya yang kekanak-kanakan, sehingga membebaskannya dari tuntutan hukum.
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()