Sinopsis Singkat Film Om Shanti Om (2007)


Pada bulan agustus tahun 2008 sebelum film ini akan tayang di televisi, penulis naskah, Ajay Monga, melaporkan film ini ke pengadilan dengan tuduhan bawah alur cerita film ini didasarkan dari naskah filmnya yang pernah ia kirimkan melalui email kepada Shahrukh Khan. Namun setelah ditelusuri lebih dalam, memang ditemukan ada persamaan dengan naskahnya, tetapi lebih dari sekedar kebetulan belaka.

Om Shanti Om mendapatkan banyak pujian dari kritikus film. Salah satunya, Nikhat Kazmi dalam ulasannya di The Times Of India menuliskan bahwa kisah reinkarnasi ini secara harfiah sebuah seni retro dan gambaran budaya pop yang indah pada tahun 1970an.

Sinopsis Singkat Film Om Shanti Om (2007) 

Om Prakash Makhija (Shahrukh Khan), seorang artis peran kelas bawah di sinema bollywood tahun 1970-an, jatuh cinta pada superstar Shanti Priya (Deepika Padukone). Suatu malam, Om menghadiri pemutaran perdana film Shanti, dan membayangkan dirinya sebagai aktor utamanya, Manoj Kumar. Om dan temannya Pappu seringnya hanya mendapatkan peran kecil atau sebagai figuran.

Sepulangnya, Om yang mabuk berat menggambarkan fantasinya tentang suatu hari nanti akan memenangkan Filmfare Award sebagai Aktor Terbaik.

Di lokasi syuting, Om menyelamatkan Shanti dari kobaran api yang telah di luar kendali, setelah kejadian itu mereka menjadi teman. Pun Om dengan sengaja mendengar percakapan antara Shanti dan produser film Mukesh Mehra (Arjun Rampal). Terkejut dan patah hati, ternyata mereka baru saja menikah secara rahasia, dan Shanti menyatakan bahwa dia sedang mengandung anaknya. Mukesh tampak sangat gembira dan meminta Shanti untuk menemuinya di lokasi syuting film Om Shanti Om nanti.

Mukesh berjanji akan menunda filmnya, dan lebih mengutamakan mengungkapkan kabar bahagia pernikahan mereka ke publik, lalu mengadakan pesta pernikahan besar di lokasi syuting.

Namun setelah mereka bertemu, Mukesh memperlihatkan warna aslinya, dia mengatakan kepada Shanti bahwa hubungan dan anak mereka akan merusak karirnya, lantas dia membakar studio film tersebut bersama dengan Shanti berada di dalamnya.

Om mencoba untuk menyelamatkan Shanti, tetapi dia diserang dan dihajar oleh pengawal Mukesh. Setelah pengawal pergi, dia kembali mencoba menyelamatkan Shanti, tetapi dia terlempar jauh dari gedung akibat sebuah ledakan. Om yang terluka tanpa sengaja tertabrak mobil milik Rajesh Kapoor, seorang aktor yang lagi buru-buru membawa istrinya yang akan segera melahirkan, Lovely, ke rumah sakit.

Di rumah sakit, Om sempat mengingat momennya bersama Shanti sesaat sebelum dia menghembuskan nafas terakhirnya, sementara Lovely melahirkan seorang putra, yang juga diberi nama Om. Lantas jiwa Om Prakash bereinkarnasi menjadi Om Kapoor yang baru lahir.

Bertahun-tahun kemudian, Om Kapoor (dijuluki OK) menjadi aktor terkenal dan menjalani kehidupan mewah yang diimpikan oleh Om Prakash, tetapi mengalami pyrophobia dan tanpa sadar mewarisi ingatan Om Prakash. Pada ajang penghargaan, OK tanpa sadar menyampaikan pidato yang pernah diucapkan oleh Om Prakash ketika dia mabuk berat dahulu kala, pada saat yang sama didengar oleh Pappu di televisi.

Dalam pesta perayaaan keberhasilannya, ayah OK memperkenalkan dia ke Mukesh, yang pengenalannya menyebabkan OK sepenuhnya mengingat peristiwa kehidupan Om Prakash pada masa lalu. OK beranjak menemui ibu Om Prakash, Bela dan Pappu, lalu mereka bersekongkol untuk membalaskan kematian Shanti dengan membuat Mukesh mengakui kejahatannya sendiri.

OK meyakinkan Mukesh untuk memulai kembali syuting Om Shanti Om, yang mana mereka sudah berencana membuat Mukesh yakin bahwa roh Shanti sedang menghantuinya. Untuk menjalankan rencananya dicarilah seseorang yang mirip banget dengan Shanti, OK menemukan salah satu penggemarnya bernama Sandhya (Sandy), seorang doppelgänger (yang mirip banget meski tidak sedarah) dari Shanti.

Sepanjang syuting film, OK dan teman-temannya mengatur insiden untuk mengingatkan Mukesh dengan masa lalunya. Selama peluncuran musik film itu, OK meledek Mukesh dengan mengungkapkan sejauh mana dia tahu kisah kematian Shanti.

Ketika Mukesh berlari ketakutan setelah dia mengira Sandy adalah hantu Shanti, Sandy tanpa sengaja lengannya tergores dan seketika terjadi pendarahan. Melihat hal itu, Mukesh menyadari bahwa dia bukanlah hantu Shanti. Lantas Mukesh mencoba untuk menghabisi OK, tetapi dia tiba-tiba tertimpa lampu hias yang tergantung di atas.

Setelah Mukesh mendapatkan kembali kesadarannya, OK menghadapinya dimana Mukesh mengungkapkan bahwa dia tahu Sandy bukanlah hantu. Sepanjang perkelahian, Sandy muncul kembali dan mengejek Mukesh. Sandy lalu mengungkapkan kebenaran bahwa setelah api sudah padam, Mukesh menemukan bahwa Shanti masih selamat, tapi kemudian menguburnya hidup-hidup di bawah kandil.

OK bingung tentang bagaimana Sandy tahu detailnya. Mukesh mencoba untuk menembak Sandy, yang terkejut tentang fakta pembunuhan tragis itu, lalu Mukesh dan OK berkelahi lagi, hingga menyebabkan studio terbakar. Tepat ketika OK hendak membunuh Mukesh, Sandy menghentikannya, mengatakan Mukesh tidak akan mati dengan tangannya, sejurus lampu hias yang tergantung di atas jatuh tepat mengenai Mukesh dan membunuhnya seketika.

Pappu dan Sandy bergegas bergabung dengan OK, tetapi betapa terkejutnya OK melihat Sandy di dua tempat sekaligus. Lantas OK menyadari bahwa orang yang tadi dikiranya Sandy sebenarnya adalah hantu Shanti, dan dia mengingat kembali serangkaian kejadian sebelumnya bahwa selalu ada kekuatan supranatural yang membantu mereka ketika rencana mereka nyaris tidak berhasil, dan menyadari bahwa hantu Shanti yang berperan di sana. Hantu Shanti tersenyum hangat ke arah OK dengan kedua matanya berkaca-kaca, lalu dia mengucapkan kata selamat tinggal dan menghilang saat dia berjalan menuju cahaya.

Trailer Film Om Shanti Om (2007)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()