Sinopsis Singkat Film Student Of The Year (2012)


Kritikus Jonginder Tuteja berkomentar tentang Student Of The Year bahwa Karan Johar telah membuktikan sekali lagi ia dapat berfluktuasi antara membuat film yang serius seperti My Name Is Khan (2010) dan menghibur seperti film ini. Apalagi film ini bikin mata kita dimanja oleh tampilan mewah keseluruhan filmnya.

Sinopsis Singkat Film Student Of The Year (2012)

Dean Yogendra Vashisht (Rishi Kapoor), mantan kepala sekolah jatuh sakit dan berkeinginan melihat para siswa dari angkatan terakhirnya, yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi "Student Of The Year". Lantas beberapa dari mereka datang menjenguknya di rumah sakit dan berbicara tentang penyesalan atas kelakukan mereka sepuluh tahun yang lalu di sekolah. Dimana mereka merasa bertanggung jawab atas hidup Dean yang tertimpa sakit.

Pun kisahnya  flashback sepuluh tahun yang lalu di kampus.

Rohan "Ro" Nanda (Varun Dhawan), siswa terkaya dan paling populer di sekolah, putra dari seorang taipan bisnis besar, Ashok Nanda (Ram Kapoor). Ayahnya ingin dia menjadi pengusaha sepertinya dan tidak pernah setuju dengan minat Rohan terhadap musik. Shanaya Singhania (Alia Bhatt), siswi penggila mode dan paling populer di kampus, pacar Rohan. Shanaya tidak bahagia dengan keluarganya, karena ibunya kerap bercerai dan menikahi pria kaya.

Juga Shanaya kesal melihat Rohan dan Tanya Israni (Sana Saeed) tanpa henti saling menggoda di depannya. Abimanyu "Abhi" Singh (Sidharth Malhotra), siswa baru di sekolah, sekejap menjadi idola baru yang berkelas dan paling populer di sekolah, karena Abimanyu sempurna memainkan peran sebagai siswa dan juga sebagai pria.

Abimanyu adalah yatim piatu dari keluarga kelas menengah, yang tinggal bersama bibi, paman dan neneknya. Impiannya kelak menjadi taipan bisnis besar seperti Ayah Rohan, Ashok. Awalnya, Rohan dan Abimanyu tidak pernah akur dan sering kali bersitegang, tetapi kemudian menjadi sahabat baik. Rohan memperkenalkan Shanaya ke Abhi dan memperingatkan Abhi untuk tidak terlibat dalam hubungan romantisnya.

Suatu hati Abimanyu diundang ke pernikahan kakak Rohan di Thailand, Shanaya dan teman-teman keluarga kaya lainnya juga turut hadir. Di Thailand, Shanaya melihat Tanya dan Rohan seperti biasa saling menggoda lagi dan semakin lebih kesal ketika Rohan bersikap kasar padanya dan berpihak pada Tanya.

Abimanyu menjelaskan kepada Shanaya bahwa mereka bisa mengajarkan Rohan untuk menghargai pacarnya. Di sebuah pesta, Shanaya secara terang-terangan menggoda Abhimanyu, berusaha membuat Rohan cemburu. Rencananya berhasil, tetapi Rohan tahu Shanaya hanya pura-pura untuk bikin dia cemburu, menarik perhatiannya dan mengembalikan hubungan asmara mereka ke jalur biasanya.

Pada hari pernikahan, Rohan meminta maaf pada Shanaya dan dengan mudah dimaafkan, sementara Abimanyu menyadari bahwa dia telah jatuh cinta kepada Shanaya. Mereka pulang ke India, dimana kompetisi "Student Of The Year" digelar yang akan menentukan siswa terbaik dengan pemikiran yang cerdas dan juga olahragawan terbaik.

Babak pertama adalah sebuah kuis yang mana Rohan, Abhi, dan sebagian besar teman mereka berhasil lolos. Babak kedua adalah perburuan harta karun, Tim Abimanyu dan Shanaya memenangkannya, meskipun tim Rohan juga lolos.

Nenek Abimanyu jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia. Shanaya menemaninya selama masa sulit tersebut. Kesal, Abimanyu meminta Shanaya pergi, akan tetapi Shanaya kembali lagi karena kini dia  telah tertarik pada Abimanyu dan mereka bahkan berciuman. Rohan melihatnya dan patah hati, lalu memusuhi Abimanyu dan berkelahi dengannya.

Babak ketiga, Prom Night, Shanaya yang bingung sebab tidak bisa memlilih antara Rohan dan Abimanyu, akhirnya berpasangan dengan teman Rohan, Jeet Khurana (Sahil Anand). Namun Rohan tidak senang melihatnya dan mengakhiri pertemanannya dengan Jeet.

Sementara itu, Rohan berpasangan dengan Tanya dan Abimanyu berpasangan dengan sahabat Shanaya, Shruti Pathak (Manasi Rachh) yang saat itu baru bertengkar dengan Shanaya. Shanaya didiskualifikasi sebab meninggalkan acara dance sebelum berakhir.

Babak terakhir kompetisi adalah triatlon. Abimanyu awalnya menang, tetapi saat melihat bagaimana Ayah Rohan begitu senangnya melihat Rohan kalah, akhirnya Abhi dengan sengaja melambat dan membiarkan Rohan menang.

Lanjut kisahnya kembali ke masa sekarang.

Rohan berhasil mewujudkan mimpinya menjadi penyanyi populer, tapi masih jomblo. Abimanyu dan Shanaya sudah menikah, dimana Abimanyu sehari-hari bekerja sebagai bankir investasi yang sukses.

Mereka saling sapa setelah menjenguk kepala sekolah mereka. Namun Abimanyu dan Rohan segera bertengkar melepaskan semua kekesalan yang telah mereka pendam selama sepuluh tahun. Tapi kemudian bersatu lagi setelah Rohan menemukan kebenaran mengapa Abhi mengalah di babak terakhir kompetisi  Student Of The Year. Kisah film ini pun berakhir dimana mereka menyadari betapa pentingnya persahabatan.

Trailer Film Student Of The Year (2012)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()