Sinopsis Singkat Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)


Tak diragukan lagi bahwa Dilwale Dulhania Le Jayenge termasuk salah satu film bollywood tersukse sepanjang masa. Kritikus ramai-ramai memuji film ini karena telah mengajarkan nilai-nilai keluarga yang kuat dan mengikuti hati nurani.

Setelah keberhasilan film ini, banyak film bollywood lainnya yang menargetkan penonton keturunan India yang tinggal di luar negeri, yang dianggap akan lebih menguntungkan bagi mereka. Bukan itu saja, banyak diantaranya serta merta meniru cerita dan adegan dalam film ini.

Dalam buku 1001 Movies You Must See Before You Die, penulisnya memasukkan 3 (tiga) film bollywood dan salah satunya adalah Dilwale Dulhania Le Jayenge, juga film ini telah tercatat dalam sejarah film bollywood yang paling lama tayang di bioskop, 20 tahun lebih loh.

Sinopsis Singkat Film Dilwale Dulhania Le Jeyenge (1995)

Raj Malhotra (Shah Rukh Khan) dan Simran Singh (Kajol) adalah 2 (dua) orang keturunan India yang tinggal di London. Simran dibesarkan oleh ayahnya yang keras dan konservatif, Baldev Singh (Amrish Puri), sementara ayah Raj (Anupam Kher) sangat liberal. Simran selalu bermimpi akan bertemu pria idamannya, dimana Ibunya Lajjo (Farida Jalal) tak bosan memperingatkannya, mengatakan punya mimpi seperti itu baik, tetapi dia seharusnya tidak membabi buta percaya mimpinya akan menjadi kenyataan.

Suatu hari, Baldev menerima surat dari temannya Ajit (Satish Shah), yang tinggal di Punjab, India. Ajit ingin menepati janji yang dia dan Baldev buat satu sama lain 20 tahun lalu — agar Simran menikahi putranya, Kuljeet (Parmeet Sethi). Mengetahuinya, Simran kecewa karena dia tidak ingin menikahi seorang pria yang belum pernah dia temui.

Suatu malam, Raj memasuki toko Baldev setelah jam tutup dengan alasan beli obat, tapi rupanya Raj dengan kurang ajar mengambil beberapa botol minuman bir, dan melemparkan uangnya ke meja kasir, dan kabur begitu saja. Baldev sangat marah, memaki Raj yang merupakan aib bagi India.

Di lain waktu, ayah Raj setuju dengan permintaannya untuk melakukan perjalanan kereta api melintasi Eropa bersama teman-temannya, dan di sisi lain teman-teman Simran juga telah mengundangnya untuk melakukan perjalanan yang sama. Simran meminta ayahnya untuk membiarkannya melihat dunia sebelum pernikahannya, dan Ayahnya dengan enggan setuju.

Di perjalanan, Raj dan Simran bertemu. Raj terus saja menggoda Simran, yang membuat Simran jengkel banget. Keduanya ketinggalan kereta ke Zurich dan terpisah dari teman-teman mereka, tetapi mulai bepergian bersama dan menjadi teman. Raj jatuh cinta pada Simran dalam perjalanan, dan ketika mereka berpisah di London, Simran menyadari bahwa dia juga telah jatuh cinta pada Raj.

Di rumah, Simran memberitahu ibunya tentang pria yang ditemuinya dan menjadi teman baiknya dalam perjalanannya, Baldev mendengar percakapan itu dan seketika memarahi putrinya. Dia juga memutuskan keluarga mereka akan pindah ke India pada hari berikutnya. Sementara itu, Raj memberi tahu ayahnya tentang Simran dan dia ingin segera menikahinya, Raj segera pergi ke rumah Simran di London yang telah ditinggal pindah, merasa kehilangan, tapi Raj bertekad dan mengatakan pada Ayahnya bahwa dia percaya Simran juga mencintainya, lantas Ayahnya terus mendorongnya untuk mengejarnya ke India.

Di India, Baldev berkumpul bareng lagi dengan kerabatnya dan temannya Ajit. Simran yang malang dan adik perempuannya, Chutki (Pooja Ruparel), secara instan tidak menyukai tunangan Simran, Kuljeet karena kesombongannya. Simran hanya mengingini dan merindukan Raj, tetapi ibunya mengatakan padanya untuk melupakannya karena Ibunya tahu Baldev tidak akan pernah menerima hubungan mereka.

Esok paginya, Raj telah tiba di luar rumah tempat Simran menginap dan keduanya meluapkan kerinduan mereka. Simran memohon pada Raj untuk kawin lari dengannya, tetapi Raj menolak dan mengatakan dia hanya akan menikahi Simran di atas restu dan doa ayah Simran. Pun Raj mulai berteman dengan Kuljeet dan dengan cepat diterima oleh kedua keluarga besar.

Kemudian, ayah Raj juga tiba di India dan berteman dengan keluarga Simran dan Kuljeet. Akhirnya, Lajjo dan Chutki mengetahui yang sebenarnya bahwa Raj adalah pria yang dicintai Simran saat di Eropa. Lajjo juga memberitahu Raj dan Simran untuk kawin lari saja, tetapi sekali lagi Raj masih menolak. Baldev pun mulai mengenali Raj teringat insiden bir di tokonya, tetapi dengan lapang dada akhirnya memaafkannya dan menerimanya. Namun, setelah Baldeyvkebetulan menemukan foto bareng Raj dan Simran di Eropa, pun tahu mereka saling mencintai, maka dia marah besar, dengan menampar, menghina Raj dan menyuruhnya pergi.

Ketika Raj dan ayahnya menunggu di stasiun kereta api, Kuljeet, yang marah mengetahui cinta Raj kepada Simran, tiba dengan teman-temannya dan menyerang mereka. Baldev dan Ajit pun tiba dan menghentikan pertarungannya, dan segera Raj menaiki kereta api berangkat dengan ayahnya.

Sesaat Simran tiba bersama ibu dan adiknya, dia berusaha bergabung dengan Raj di kereta, tetapi Baldev menghentikannya. Simran memohon padanya untuk membiarkannya pergi, mengatakan dia tidak bisa hidup tanpa Raj.

Melihat kesungguhan mereka, Baldev luluh dan menyadari tidak ada yang mencintai putrinya lebih dari Raj, terus melepaskan tangan Simran dan membiarkannya pergi, lalu Simran pun berlari dan berhasil naik kereta yang mulai melaju.

Trailer Film Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)


advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()