Sinopsis Singkat Film Don (2006)


Mayank Shekar dalam ulasannya di Mumbari Mirror memberikan rating 4 dari 5 bintang buat film ini dan menuliskan bahwa Don adalah film thriller action yang cukup apik, terkonsentrasi pada twist. Sementara itu Raja Sen dari Rediff dalam ulasannya sedikit kecewa dengan film ini mengatakan Don konvensional dan dapat diprediksi. Tapi berbalik arah memuji karakter Roma (Priyanka Chopra) yang menurutnya Priyanka kejutan terbesar dalam film ini.

Sinopsis Singkat Film Don (2006)

Perdagangan narkoba berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia sedang booming. Sebuah tim yang dikomandoi oleh Wakil Komisaris Polisi De Silva (Boman Irani) dikirim ke sana dengan target operasi Singhania (Rajesh Khattar) dan menangkap manajernya, Don (Shah Rukh Khan). Singhania adalah salah satu dari dua gembong narkoba yang meninggal, yang dikenal sebagai Boris, satunya lagi adalah Vardhan, yang keberadaannya tidak diketahui.

Ramesh (Diwakar Pundir), salah satu rekan dekat Don, memutuskan untuk keluar dari geng, Don pun membunuhnya. Kemudian, tunangan Ramesh Kamini (Kareena Kapoor) diduga telah membantu polisi, Don juga membunuhnya. Berencana untuk membalas dendam saudara laki-lakinya dan saudara iparnya, Roma (Priyanka Chopra) menyusup ke dalam geng Don.

Don terluka dan jatuh koma ketika berusaha melarikan diri dari polisi. De Silva menemukan yang mirip dengan Don bernama Vijay (Shah Rukh Khan) dan memintanya bergabung dalam misinya sehingga polisi bisa mendekati Singhania. Vijay setuju ketika De Silva berjanji memasukkan Deepu (Tanay Chheda), seorang bocah laki-laki yang Vijay jaga, ke sekolah di Kuala Lumpur. Sementara itu, Jasjit (Arjun Rampal), ayah Deepu baru saja dibebaskan dari penjara dan berencana akan membunuh De Silva untuk membalas kematian istrinya sendiri.

Vijay dirawat di rumah sakit, di mana Dr. Ashok Gilwani memberinya bekas luka yang sama dengan Don. Ketika Don mendadak mati, aksi penyamaran pun dimulai. Vijay, yang menyamar sebagai Don, bergabung dengan geng di Kuala Lumpur. De Silva meminta Vijay untuk menemukan disk komputer berisi rincian tentang kartel narkoba dan membawanya kepadanya. Ketika Vijay menemukannya, Roma mencoba membunuhnya, tetapi De Silva mengintervensi dan memberi tahu dia tentang rencananya dan identitas asli Don, maka Roma setuju untuk membantunya.

Vijay menyerahkan disk ke De Silva. Kemudian Vijay memberi tahu De Silva bahwa seluruh geng akan berkumpul di satu tempat. Ketika polisi tiba, De Silva membunuh Singhania dan polisi menangkap Vijay. De Silva terbunuh dalam adu tembak-menembak dengan para penjahat, yang sangat disayangkan bagi Vijay karena De Silva adalah satu-satunya orang yang dapat membuktikan bahwa dia bukan Don yang sebenarnya.

Setelah mengetahui identitas aslinya, rekan-rekan Don berbalik melawan Vijay dan perkelahian seru tak terelakkan. Vijay berhasil lolos dan bertemu dengan Roma untuk memulihkan disk dan membuktikan ketidakbersalahannya. Sementara itu, Jasjit memasuki apartemen De Silva untuk menunggunya dan mendapatkan disk. Dia menerima panggilan telepon yang mengatakan bahwa jika dia ingin melihat putranya lagi, dia harus membawa disk itu kepada orang-orang yang telah menyandera Deepu.

Ketika Jasjit bertemu mereka, dia mengetahui bahwa De Silva ternyata masih hidup selama ini dan sebenarnya adalah Vardhan, yang memanfaatkan Vijay untuk mendekati kompetitornya. Kemudian, Jasjit terlibat perkelahian dengan Vijay tetapi Deepu segera melerainya, menceritakan sosok Vijay, yang telah menjadi walinya selama Jasjit di balik jeruji besi. Lantas, Jasjit bekerja sama dengan Vijay dan Roma berbagi informasi tentang identitas asli Vardhan. Mereka segera membuat rencana. Jasjit mengatur pertemuan dengan Vardhan, tetapi ketiganya telah memberi tahu Interpol.

Dalam pertempuran, Vijay mengalahkan Vardhan dan akan membunuhnya diinterupsi oleh Inspektur Vishal Malik (Om Puri), yang memohon padanya untuk meninggalkan Vardhan hidup-hidup, untuk ditangkap. Vijay dibebaskan dari segala tuduhan, dan Roma mengakui cintanya pada Vijay ketika dia akan dibawa ke rumah sakit.

Di akhir cerita terungkap Don masih hidup, dan berpura-pura menjadi Vijay. Nah! Dulu saat berada di rumah sakit, Don sebenarnya telah pulih dengan cepat dari luka-lukanya, dan mendengar percakapan Vardhan dengan Vijay. Setelah Vijay selesai dioperasi, Don bangun dari kamar tidurnya pada saat Vardhan dan Dr. Ashok tidak ada dan beranjak ke kamar Vijay terbaring belum sadarkan diri.

Maka Don telah bertukar tempat dengan Vijay dan kemudian berpura-pura menjadi Vijay untuk bisa melancarkan aksinya, lalu Vijay telah mati selamanya. Juga terungkap bahwa disk yang diberikan Don kepada polisi ternyata palsu. Kini, setelah Vardhan dan Singhania tidak ada lagi di jalur, maka Don tak ada saingan menjadi bos dari seluruh rantai perdagangan narkoba di Asia. Don menghubungi Anita (Isha Koppikar) di bandara dan mengatakan setengah dari dialog populernya, "Don Ko Pakadna Mushkil Hi Nahi"

Trailer Film Don (2006)


advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()